Jumat, 20 April 2018

Computer and Works

Perkembangan dunia teknologi memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, teknologi memudahkan kita dalam melakukan suatu pekerjaan. Contohnya saat kita membuat pesan singkat, dengan era teknologi modern yang sekarang ini, masyarakat tidak perlu lagi untuk menulis tangan dan mengirimnya melalui pos, karena sekarang lewat aplikasi-aplikasi Social Media pesan-pesan singkat tersebut akan sampai dalam hitungan detik. Lantas apa yang akan kita lakukan untuk menghadapi era teknologi modern ini? Tentunya kita harus siap menghadapinya demi mencari nafkah untuk keluarga-keluarga kita bukan? Mari kita bahas!

"Computer and Works" merupakan dua kata yang tidak dapat dipisahkan. Pada era teknologi ini, segala sesuatu pekerjaan akan terasa lebih mudah apabila dilakukan dengan bantuan komputer. Contohnya saja, angkutan transportasi sekarang lebih terasa mudah digunakan karena hanya dengan beberapa kali klik kita dapat melakukan sebuah perjalanan, itu merupakan salah satu contoh teknologi modern bukan? Tentu nya.


Namun, bagaimana dengan para tenaga kerja yang hanya menggunakan kemampuan fisiknya dalam bekerja, contohnya para pekerja pabrik yang mengandalkan kemampuan fisiknya untuk melakukan pekerjaan, apa itu akan bertahan lama? Menurut saya kemampuan tenaga kerja fisik lambat laun akan tergantikan dengan adanya teknologi modern, mesin-mesin pintar sudah banyak digunakan menggantikan para pegawai dikarenakan mesin-mesin ini sudah diberi kepintaran dan memiliki tingkat kesalahan yang rendah, dan jauh lebih efisien.


Bagaimana kita menghadapi masalah tersebut? Menurut saya, masyarakat harus lebih berinovatif dalam mengatasi masalah ini, contohnya dengan mempelajari hal-hal yang berpotensi untuk meningkatkan "harga" diri manusia, seperti dengan beralih profesi untuk menguasai kemampuan skill untuk membuat sebuah mesin pintar, menjadi pembuat program, melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan era teknologi modern ini. Maka dengan cara itu, seorang individu akan lebih dihargai dan mampu mendapatkan profesi dalam menghadapi era teknologi modern ini.





Memang tidak bisa dipungkiri, di negeri ini masih banyak orang yang "gagap" akan teknologi khususnya pada usia-usia yang sudah tidak muda lagi. Alangkah baiknya masyarakat berusaha untuk mempelajari hal-hal tersebut, mulai saja dari hal kecil, misalkan berjualan online. Tentunya di era sekarang sudah banyak market place untuk kita menjajakan barang yang akan kita jual.


Karena apabila masyarakat tidak mulai untuk berusaha, dikhawatirkan mereka kehilangan pendapatannya dan tidak mampu bersaing dengan teknologi-teknologi modern yang ada.






Oleh :
Mochammad Rizky Royani
1611501972
FTI Univ.Budiluhur

https://student.budiluhur.ac.id/
fti.budiluhur.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar