Minggu, 22 April 2018

Refleksi & Tindakan

Assalamualaikum wr.wb.

Pada pertemuan kali ini, saya akan membahas tentang refleksi dan tindakan. Apa itu refleksi? dan Apa itu tindakan? Menurut KBBI refleksi adalah sebuah gerakan/pantulan di luar kesadaran, sedangkan tindakan menurut Wiktionary adalah sesuatu yang di lakukan. Apa hubungan dari kedua kata tesebut? Mari kita bahas!

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam yang berlimpah, dan memiliki sumber daya manusia yang banyak. Namun, mengapa hingga saat ini negara kita tercinta ini masih disebut negara berkembang? Seandainya digambarkan dalam kehidupan Indonesia seperti anak kecil yang diberi uang berlimpah yang tidak tahu uang tersebut dapat digunakan untuk apa saja. Itulah yang menyebabkan hingga saat ini Indonesia belum dapat kita sebut negara maju.




Lantas apakah perbedaan negara maju dan berkembang? 
  1. Pada negara maju sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor industri dan jasa yang sebagian hasilnya untuk diekspor. Sedangkan pada negara berkembang, sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor perindustrian atau sektor pertanian yang berlatar belakang agraris.
  2. Pada negara maju, lahan pertanian hanya untuk pekerjaan sampingan dan itu pula menggunakan mesin-mesin canggih. Beda halnya dengan negara berkembang, lahan pertanian bisa dikatakan sektor utama dan masih menggunakan alat-alat tradisional untuk mengolahnya.
  3. Di negara maju kualitas pendidikan sudah sangat baik, sehingga angka buta huruf sudah sangat rendah, sementara di negara berkembang masih banyak masyarakat yang buta huruf karena kualitas pendidikan yang rendah.
  4. Dalam sisi pendapatan perkapita, negara maju sudah mencapai angka tertinggi, sementara di negara berkembang pendapatan perkapita masih rendah sehingga mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya.
Itulah beberapa faktor yang membedakan antara negara maju dan berkembang. Umur negara dan ketersediaan lahan juga tidak dapat dijadikan sebagai acuan, sebagai contoh :
  • Negara India dan Mesir, yang umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (miskin). Di sisi lain, Singapura, Kanada, Australia dan New Zealand, negara-negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun, saat ini mereka adalah bagian dari negara maju di dunia dan penduduknya tidak ada lagi yang kekurangan.
  • Jepang mempunyai area yang sangat terbatas. Daratannya 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian dan peternakan.
  • Tetapi, saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi yang di akui dunia. Jepang laksana suatu negara "industri terapung" yang besar sekali, mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinya.

Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-harinya mengikuti/mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut :

  1. Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan
  2. Kejujuran dan integritas
  3. Bertanggung jawab
  4. Hormat pada aturan dan hukum masyarakat
  5. Hormat pada hak orang/warga lain
  6. Cinta pada pekerjaan
  7. Berusaha keras untuk menabung dan investasi
  8. Mau bekerja keras
  9. Tepat Waktu

Di negara miskin dan bekerbang, hanya sebagian kecil masyarakatnya mematuhi prisip dasar kehidupan tersebut. Kita bukan miskin karena kurang sumber daya alam, atau karena alam yang kejam kepada kita.  Kita terbelakan/miskin/lemah karena prilaku kita yang kurang/tidak baik akibat pendidikan yang kurang dan budaya yang terkikis menghilang. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan masyarakat kita pantas membangun masyarakat, ekonomi dan negara.

Jadi, perubahan untuk menjadi maju itu tergantung dari sikap dan perilaku masyarakatnya. Bisa dikatakan apabila masyarakat mematuhi dan menanamkan sikap-sikap dan aturan, maka negara tersebut dapat dikatakan sebagai negara maju.

Ingat! Perubahan dimulai dari diri kita sendiri! Dari mulai kebiasaan kecil, dan dimulai dari sekarang.

Terima Kasih.


Oleh :
Mochammad Rizky Royani
1611501972



Sumber Refrensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar